Baca Berita

Jaga dan Sayangi Paru Anda

Oleh : rpkd | 15 Februari 2019 | Dibaca : 102 Pengunjung

Organ dalam manusia memiliki fungsi yang begitu komplek dan penting bagi kehidupan seseorang. Beberapa penyakit yang umumnya menyerang sistem pernapasan akibat fungsi paru-paru yang terganggu, yaitu:
Bronkitis, yakni penyakit pernapasan yang terjadi akibat infeksi saluran pernapasan atas dan biasanya disebabkan oleh virus.
Pneumonia, yakni gangguan pernapasan yang menyebabkan bagian terkecil dari paru-paru yaitu bronkiolus dan jaringan alveolar mengalami peradangan.
Asma, biasanya disebabkan peradangan pada saluran pernapasan. Akibatnya, saluran napas membengkak dan menyempit sehingga menghalangi jalannya udara yang seharusnya mengalir ke paru-paru. Sebagian dikarenakan adanya faktor keturunan.
Tuberkulosis, merupakan infeksi bakteri yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis yang menyerang dan merusak jaringan tubuh manusia. Bakteri tersebut dapat ditularkan melalui saluran udara. TBC biasanya menyerang paru-paru, namun bisa juga menyebar ke tulang, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat, jantung, dan organ lainnya.
Selain beberapa penyakit tersebut sakit pada paru - paru juga bisa disebabkan oleh asap rokok dan polutan udara yang kotor, disampaikan oleh dr. Wayan Wahyu Semara Putra, Sp.P dari RSUD Wangaya sebagai narasumber dalam sesi talkshow di Studio RPKD 92,6 FM (Kamis,14/2/2019). Menjelaskan bahwa paru - paru memiliki peran yang penting bagi manusia untuk bernafas. Sehingga paru - paru perlu kita jaga dan rawat karena dapat rentan terkomplikasi penyakit lain seperti jantung, hati, dan saraf. Paru - paru dapat dibersihkan dengan perawatan khusus menggunakan alat medis yang ada di Poli paru - paru seperti di RSUD Wangaya. Pencegahan terhadap penyakit paru - paru dapat dilakukan dengan penerapan pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur - sayuran dan buah - buahan, stop merokok, hindari polusi udara, dan periksakan diri anda di poli paru RSUD Wangaya.(bc)


Oleh : rpkd | 15 Februari 2019 | Dibaca : 102 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Foto
WASPADA PENYAKIT STROKE
Video
Vidclip Iklan Radio TV
Facebook
Twitter