Baca Berita

“MUSIM HUJAN DAN CUACA TAK MENENTU MENGUNDANG PENYAKIT”

Oleh : rpkd | 28 Desember 2018 | Dibaca : 96 Pengunjung

Pergantian cuaca yang tiba-tiba dan tidak menentu menjadi tanda bahwa memasuki musim pancaroba. Apalagi musim hujan menjadi waktu virus dan bakteri berkembang biak dengan cepat, sehingga bagi seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah akan mudah terkena penyakit seperti flu, dbd dan tipes. Flu merupakan penyakit yang virusnya cepat sekali menular terutama melalui udara atau sentuhan tangan yang terpapar. Gejala flu seperti hidung berair, tenggorokan sakit, demam ringan, sakit kepala dan bersin-bersin.
.
Selain itu DBD atau demam berdarah dengue disebabkan karena gigitan nyamuk aedes aegypti. Umumnya gejala DBD adalah naiknya suhu tubuh menjadi sangat tinggi, sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot dan munculnya bintik-bintik merah pada kulit. Pertolongan pertama yang bisa dilakukan yaitu minum banyak cairan, konsumsi obat penurun demam dan istirahat cukup kemudian lebih lanjut melaksanakan pemeriksaan laboratorium. Selain itu kita juga wajib menjaga kebersihan lingkungan dengan 3M yaitu menguras, menutup dan mengubur agar tidak ada jentik nyamuk yang berkembang biak.
.
Tipes atau demam tifoid disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi menyebar melalui makanan, air atau melalui kontak langsinh dengan seseorang yang terinfeksi. Biasanya gejala dasar tipes hampir sama dengan DBD namun tidak terjadi kemerahan atau bintik-bintik merah pada kulit. Sehingga pertolongan pertama harus cepat dilakukan terlebih jika tipes pada anak-anak.
.
Kesehatan adalah investasi berharga, sehingga setiap orang wajib menjaga stamina tubuhnya dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, pola hidup yang sehat seperti rajin berolahraga, mengkonsumsi air mineral, serta istirahat yang cukup. Selain itu pola hidup sehat, kepedulian terhadap lingkungan seperti membersihkan bak mandi, membersihkan selokan dari sampah bahkan membersihkan kamar tidur secara rutin akan sangat berdampak bagi kesehatan apalagi dengan mengurangi penggunaan sampah plastik agar lingkungan tidak tercemar. (Am)


Oleh : rpkd | 28 Desember 2018 | Dibaca : 96 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Foto
kunjungan Bapak Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra ke studio RPKD 92.6 FM Senin 18 Mei 201
Video
Vidclip Iklan Radio TV
Facebook
Twitter