Jajak Pendapat
Apakah Informasi yang tersaji pada Website Radio Pemerintah Kota Denpasar, bermanfaat bagi Anda?
Baca Artikel

Talkshow Bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar dalam Rangka Hari Buku Nasional

Oleh : rpkd | 22 Mei 2017 | Dibaca : 2090 Pengunjung

Talkshow Bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar dalam Rangka Hari Buku Nasional

Tema : Melalui Hari Buku Nasional, Kita Tumbuhkan dan Tingkatkan Minat Baca

Narasumber :

1. Drs. I Putu Budiasa, M.Si (Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota   Denpasar)

2. Ni Wayan Purnamiasih, S.sos (Kepala Bidang Layanan dan Pembinaan Perpustakaan)

3. Drs. I Made Atmajaya (Kepala Bidang Pembinaan Pengembangan dan Pengawasan Kearsipan)

Host : Diah Wijayanthi

 

Hari Buku Nasional jatuh pada tanggal 17 Mei setiap tahunnya. Ketetapan  Hari buku Nasional bertujuan untuk meningkatkan minat baca pada masyarakat Indonesia. Selain itu, dengan adanya Hari Buku Nasional ini diharapkan dapat melestarikan budaya membaca dan meningkatkan penjualan buku.

Makna dari Hari Buku Naasional bahwa buku itu penting karena  sebagai sumber pengetahuan, dimana pengetahuan itu penting sebagai modal daya saing. Momentum momen Hari Buku Nasional untuk memotivasi masyarakat unutk memiliki pengetahuan yang lebih sehingga memiliki daya saing di masyarakat.

Sampai saat ini jumlah buku yang terdapat di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar yaitu terdiri dari 30ribuan exsemplar dengan 16 ribu judul, dengan jenis bukunya bersifat karya umum seperti filsafat, agama, bahasa, ilmu sosial, ilmu murni,ilmu terapan, kesenian, olahraga,kesusastraan, geografi dan sejarah. Setiap tahun ada penambahan buku 400 – 1000 judul sedangkan jumlah exemplarnya antara 2300-3000 pertahun tergantung APBD. Keseluruhan buku yang ada tidak hanya ditampung di perpustakaan tapi juga disebarkan sebagai ibah ke sekolah ataupun yayasan di Kota Denpasar

Dalam rangka meningkatkan minat baca, Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar menyelenggarakan lomba melalui 2 tahapan, yang pertama lomba yang bermuatan lokal  pada hari ulang tahun Kota Denpasar   dan  yang kedua pada hari kunjung pustakan dengan lomba bernuansa nasional.

ProgramDinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar , masyarakat disediakan perpustakaan  keliling dengan lokasi yang berbeda – beda seperti di bajra sandhi, depan jagatnatha dan di lumintang. Perpustakaan  keliling  juga berkeliling ke sekolah-sekolah, dari SD-SMA  secara bergantian dari sebanyak 2x dalam sebulan yang menyasar  8 sekolah. Di Perpusatakaan Sekolah keliling ini siswa boleh melihat-lihat buku , membaca bahkan boleh dibaca dirumah dengan  catatkan harus terdaftar sebagai anggota.  Persyaratan  untuk menjadi anggota yaitu  harus berdomisili di Denpasar  atau bersekolah di Denpasar. Kemudian juga ada silang layangan membawa 500-1000 buku kesekolah-sekolah   setiap 2 minggu, kemudian 2 minggu berikutnya buku diganti dan pinjamkan ke sekolah tersebut dengan buku bersifat umum, sastra dll.

Pesan dan harapan Bapak KepalaDinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar  “ untuk masyarakat Kota Denpasar, ayo kita tingkatkan kemampuan, pengetahuan dan keterampilkan kita agar mampu bersaing dalam area persaingan saat ini karena  dengan membaca kita bisa membuka jendela dunia”. (O.W)


Oleh : rpkd | 22 Mei 2017 | Dibaca : 2090 Pengunjung


Artikel Lainnya :

Lihat Arsip Artikel Lainnya :

 



Facebook
Twitter