Baca Berita

Talkshow Hari koperasi ke 70

Oleh : rpkd | 17 Juli 2017 | Dibaca : 59 Pengunjung

 

Narasumber :

1.       Anom Prasetya – Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar

2.       Wayan Merta Jiwa – Dekopinda Kota Denpasar

 

Gerakan koperasi di Kota Denpasar tumbuh sangat pesat dan diharapkan kedepan semakin baik. Walaupun masih ada koperasi yang tidak sehat. Dengan adanya koperasi, maka aka nada saling keterkaitan dan saling bantu membantu antar anggota dan koperasi. Bahkan januari 2017 sudah ada 1o koperasi baru yang terbentuk. Demikian diungkapkan oleh Bapak Anom Prasetya dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar didampingi oleh Bapak Wayan Merta Jiwa dari Dekopinda Kota Denpasar.

Lebih lanjut dijelaskan, koperasi dibentuk untuk memberikan kesejahteraan bagi anggoa terutama yang bergerak di bidang UMKM. Hal ini tentu sangat membantu daripada lembaga simpanan semacam Bank atau lainnya. Dalam rangka hari Koperasi sendiri, di Kota Denpasar dilaksanakan kegiatan seperti diklat untuk SDM dikoperasi, sertifikasi bagi pengelola koperasi, pasar murah dan lomba-lomba yang akan dipsatkan di Lumintang Denpasar dan kunjungan sosial ke SLB yang ada di Kota Denpasar.

Sementara itu, Dekopinda Kota Denpasar sedang menyiapkan Badan Penyuluhan dan Konsultasi Hukum bagi koperasi yang memerlukan bantuan hukum jika ada hal hal yang menyangkut keberlangsungan koperasi tersebut. Diharapkan dengan adanya badan ini, koperasi yang ada tetap menjadi kuat dan sehat. Tentu harus didukung dengan adanya SM yang memadai, sistem pengelolaan keuangan dan alur keuangan yang terjadi di koperasi.

Adapun kategori ‘kesehatan” koperasi bisa dilihat dari pola keuangan yang terus berputar, komposisi modal, volume usaha dan sumber daya yang dimiliki oleh koperasi tersebut. Jika ada koperasi yang tidak sehat, maka dari Dinas Koperasi daerah akan mengusulkan kepada Kementrian Koperasi untuk dilakukan pembubaran atau penutupan koperasi tersebut.

Hal yang dilkakukan untuk koperasi tetap sehat dan kuat adalah dengan melakukan pembinaan kepada koperasi yang ada adalah dengan terus melakukan pelatihan dan pendidikan untuk pengurus dan pengelola koperasi. Sinergitas dengan Dekopinda juga terus dilakukan.

Diakhir perbincanganm kedua narasumber berharap kepada koperasi yang ada di Kota Denpasar untuk terus bisa berkomunikasi dengan pihkat terkait seperti Dinas Koperasi maupun Dekopinda Kota Denpasar sebagai wadah bersama koperasi di Kota Denpasar, untuk terus memperkuat koperasi yang ada.


Oleh : rpkd | 17 Juli 2017 | Dibaca : 59 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Facebook
Twitter